Skip to main content

Perkembangan Teknologi Di Bidang Pertanian


Pesatnya perkembangan teknologi membuat para pekerja dengan segala macam pekerjannya dapat dengan mudah terselesaikan karena sekarang teknologi dikembangkan sesuai dengan kebutuhan manusia. Salah satu yang menjadi dampak perkembangan teknologi adalah bidang pertanian.

Karena pekerjaan ini sangat penting dengan proses yang membutuhkan tenaga banyak dengan waktu yang lama jika tidak dibantu dengan perkembangan teknologi maka dari itu seiiring berkembangnya zaman berkembang pula teknologi yang dapat membantu pekerjaan ini lebih ringan dan mudah.

Memanen padi tentunya dulu perlu tenanga yang ekstra serta waktu yang lama sehingga seringkali membuat para petani kewalahan bahkan sering telat untuk memasok beras ke pasar-pasar sementara mata pencaharian adalah bertani, memanen, dan menjual beras.

Maka mesin pemanen sangat membantu para petani untuk memanen padi dengan waktu yang lebih singkat dari biasanya. Manfaat yang dirasakan oleh petani tentunya sangat banyak karena dapat mempermudah segala pekerjaan yang dilakukan menghemat tenaga dan biaya namun juga teknologi yang digunakan ini membuat adanya dampak negatif yaitu mungkin yang tadinya butuh banyak pekerjan menjadi sedikit membutuhkan pekerja karena sudah ada mesin pemanen oleh karena itu sebagian pekerja jadi tidak memiliki pekerjaan.

Teknologi dalam pertanian sangat mudah menarik perhatian para butuh tani sehingga banyak yang sudah menggunakan teknologi ini dalam memanen padi mereka meskipun sebagian ada yang masih tidak mau menggunakan alat memanen.

Produk yang dihasilkan ketika para petani menggunakan alat pemanen adalah produk yang baik dan berkualitas dan tentunya juga banyak dalam waktu yang singkat oleh karena itu ini merupakan hal yang sangat memberikan manfaat bagi kehidupan para petani, bukan hanya memberikan keuntungan ketika petani sedang bekerja namun memberikan keuntungan ketika petani mendapatkan hasil dari menjual produk-poroduk.

Dengan kecanggihan teknologi bukan hanya menciptakan alat untuk memanen namun juga menciptakan alat untuk bercocok tanam sehingga menciptakan bibit bibit yang unggul, dengan itu jugaakan dapat menghasilkan hasil panen yang bagus dan berkualitias, inilah manfaat dari perkembangan teknologi.

Oldest Post